PKTI
Edutainment
" Tuxmath "
Pemanfaatan komputer untuk mendukung Pendidikan Anak
Usia Dini (PAUD) bukanlah langkah tabu. Bahkan komputer dapat mendukung
kegiatan belajar anak dengan permainan (game) yang menarik dan
menyenangkan.
Pendidikan anak dirancang untuk memadukan kegiatan belajar dan bermain (edutainment). Hal itu mengacu pada sifat alamiah anak yang dunianya adalah bermain. Bagi anak, jarak antara belajar dan bermain begitu tipis.
Model pembelajaran edutainment juga berlandaskan hasil riset cara kerja otak. Anak akan belajar efektif bila dalam keadaan fun dan bebas dari tekanan (revolution learning).
Pemanfaatan komputer tetap mengacu pada kebutuhan anak mengembangkan kecakapan hidup dengan suasana bermain. Anak usia dini butuh upaya-upaya pendidikan untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan fisik dan psikis, seperti intelektual, bahasa, motorik, dan sosio-emosional.
Bermain merupakan sarana belajar anak usia dini. Melalui bermain anak diajak untuk bereksplorasi, menemukan, memanfaatkan, dan mengambil kesimpulan mengenai benda di sekitarnya.
Kendala yang acapkali muncul terkait dengan pengadaan piranti lunak yang cocok untuk anak. Aplikasi komputer harus mendukung anak bisa belajar lewat pengalaman, misalnya mengatasi kesalahan dan mencari sendiri jawaban dari permasalahan melalui simulasi permainan.
Pendidikan anak dirancang untuk memadukan kegiatan belajar dan bermain (edutainment). Hal itu mengacu pada sifat alamiah anak yang dunianya adalah bermain. Bagi anak, jarak antara belajar dan bermain begitu tipis.
Model pembelajaran edutainment juga berlandaskan hasil riset cara kerja otak. Anak akan belajar efektif bila dalam keadaan fun dan bebas dari tekanan (revolution learning).
Pemanfaatan komputer tetap mengacu pada kebutuhan anak mengembangkan kecakapan hidup dengan suasana bermain. Anak usia dini butuh upaya-upaya pendidikan untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan fisik dan psikis, seperti intelektual, bahasa, motorik, dan sosio-emosional.
Bermain merupakan sarana belajar anak usia dini. Melalui bermain anak diajak untuk bereksplorasi, menemukan, memanfaatkan, dan mengambil kesimpulan mengenai benda di sekitarnya.
Kendala yang acapkali muncul terkait dengan pengadaan piranti lunak yang cocok untuk anak. Aplikasi komputer harus mendukung anak bisa belajar lewat pengalaman, misalnya mengatasi kesalahan dan mencari sendiri jawaban dari permasalahan melalui simulasi permainan.
TuxMath adalah sebuah game arcade yang membantu
anak-anak berlatih matematika. Tujuan utama software ini adalah untuk
membuat belajar matematika menjadi efektif dan menyenangkan. Selain itu
pada software ini membantu guru dalam pembelajaran.
Siswa lebih mudah memahami tentang pelajaran matematika. Software yang
menarik dan mendorong minat siswa untuk lebih mengetahui tentang
pelajaran matematika.
TuxMath juga sangat membantu bagi para orang tua yang menginginkan anaknya belajar dengan baik tanpa tekanan sehingga anak dapat belajar dengan baik dan dapat menangkap setiap pelajaran yang dia dapatkan melalu game tuxmath.
No comments:
Post a Comment